Apa Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan? Ada 7 Hal Unik

Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID – Tahukah Anda bahwa cengkeh memiliki manfaat untuk kesehatan? Siapa sangka ada berbagai manfaat cengkeh untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui.

Cengkeh, yang dikenal dengan nama ilmiahnya Syzygium aromaticum, adalah rempah-rempah yang telah digunakan selama berabad sebagai bumbu dalam masakan dan obat tradisional. 

Rempah-rempah yang berasal dari pohon cengkeh ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca Juga: Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Penting

Melansir dari Healthline, cengkeh merupakan bumbu serbaguna yang menambah rasa sekaligus memberikan manfaat kesehatan. Cengkeh ini kaya akan antioksidan, dapat membantu mengatur gula darah, membunuh bakteri, dan banyak lagi.

Selain itu, berikut beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh:

Antioksidan Kuat

Cengkeh mengandung senyawa fenolik, seperti eugenol, yang memiliki sifat antioksidan kuat. Antioksidan berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini, penyakit jantung, dan kanker. Konsumsi cengkeh secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi, Ada 7 Hal yang Ampuh

Efek Antiinflamasi

Eugenol, senyawa utama dalam cengkeh, juga memiliki sifat antiinflamasi. Ini berarti cengkeh dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, seperti arthritis, penyakit jantung, dan penyakit autoimun. Cengkeh dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan penyakit terkaitnya.

Baik untuk Pencernaan

Cengkeh telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, dan diare. Senyawa-senyawa dalam cengkeh dapat membantu meredakan perut kembung, mengurangi gejala mual, dan meningkatkan pencernaan. Selain itu, cengkeh juga digunakan dalam pengobatan herbal untuk mengatasi masalah pencernaan seperti maag.

Baik untuk Kesehatan Mulut

Cengkeh sering digunakan dalam produk-produk perawatan mulut seperti pasta gigi dan obat kumur. Ini karena eugenol, senyawa dalam cengkeh, memiliki sifat antiseptik dan anti-mikroba. Penggunaan cengkeh dapat membantu mengurangi masalah seperti bau mulut, radang gusi, dan infeksi mulut.

Baca Juga: 8 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Potensi Antikanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan potensi cengkeh sebagai agen antikanker. Senyawa dalam cengkeh telah menunjukkan kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam studi laboratorium. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk memahami lebih dalam efek cengkeh pada kanker dan bagaimana senyawa-senyawa dalam cengkeh dapat digunakan dalam pengobatan kanker.

Manfaat untuk Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cengkeh dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Ini adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung. Namun, meskipun penelitian awal menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami efek cengkeh secara lebih mendalam dalam hubungannya dengan kesehatan jantung.

Baca Juga: Tidak Hanya Sunnah, Ini Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Potensi Anti-Diabetes

Cengkeh juga telah dipelajari dalam konteks diabetes. Senyawa-senyawa dalam cengkeh diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang dapat membantu mengendalikan gula darah. Ini adalah berita baik bagi individu yang mengidap diabetes atau yang berisiko mengembangkan penyakit ini.

Meskipun cengkeh memiliki berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak. Terlalu banyak cengkeh dalam makanan atau minuman dapat menyebabkan iritasi lambung atau reaksi alergi pada beberapa individu. Sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengambil suplemen cengkeh, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Updated: Maret 15, 2024 — 6:01 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *