BREAKING NEWS : Hama Serang Tanaman Pisang di Sikka, Buah Dimakan Ulat 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Albert Aquinaldo

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE – Virus atau hama penyakit yang sebelumnya diketahui menyerang tanaman pisang di wilayah Kabupaten Ende dan Kabupaten Ngada, kini mulai menyerang tanaman pisang terutama pada buah pisang di wilayah Kabupaten Sikka.

Serangan hama penyakit pada buah pisang di wilayah Kabupaten Sikka pertama kali ditemukan di Desa Bloro, Kecamatan Nita.

Gondo, salah satu petani pisang di Desa Bloro melalui video yang dikirimnya kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Yohanes Emil Satriawan Sadipun beberapa hari lalu menjelaskan, gejala serangan hama penyakit pada tanaman pisang yakni terdapat bercak berwarna coklat pada bagian tangkai tandan pisang. Pada bagian buah, jelas Gondo, terdapat garis lurus berwarna coklat.

“Kelihatannya pisang ini bagus, tapi ini sudah terserang penyakit,” ungkap Gondo.

Baca juga: Hama Busuk Batang dan Karat Daun Gerogoti Tamanan Tomat di Desa Kolidetung Sikka

Namun pada saat dipotong salah satu tangkai penyambang buah pisang, maka akan ditemukan titik berwarna coklat pada bagian tengah. Pada saat dibelah akan ditemukan daging buah pisang berwarna kuning kecoklatan dan bernanah.

Dalam video itu, Gondo memperlihatkan beberapa buah pisang dari tandan yang sama yang memiliki kondisi sudah terserang hama penyakit.

“Penyakit ini dia mulai menyerang dari arah barat Sikka dan sekarang mulai masuk di wilayah tengah Kabupaten Sikka, oleh karena itu saya mohon kepada Dinas Pertanian untuk membuat penelitian agar mendapat solusi yang baik, kalau tidak berarti petani pisang akan mengalami kerugian, kalau cepat dikendalikan, masih bisa teratasi,” ujar Gondo yang saat itu berada di kebunnya.

Secara umum, tanaman pisang terlihat tumbuh normal namun hama penyakit tersebut langsung menyerang buah pisang.

Berita TRIBUNFLORES.COM Lainnya di Google News

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Updated: Desember 22, 2023 — 6:39 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *