Gunung Marapi Kembali Erupsi, Bandara Minangkabau Ditutup Sementara

Jakarta

Gunung Marapi di Sumbar kembali ke mengalami erupsi hingga mengganggu penerbangan. Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Sumatera Barat, ditutup sementara dan mengakibatkan 15 penerbangan dibatalkan.

Penutupan BIM dilakukan mulai pukul 16.00-22.00 WIB. Dan penutupan BIM diputuskan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

“BIM untuk sementara ditutup operasionalnya. Tujuannya sebagai langkah mitigasi akibat adanya abu Gunung Marapi yang terdeteksi melalui pengamatan lapangan. Pengamatan berupa paper test yang dilakukan pada pagi tadi. Dan saat ini masih dilakukan pengamatan dengan interval 1 sampai 2 jam sekali,” ungkap Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah VI Padang, Capt Megi Helmiadi dalam keterangan pers, Jumat (22/12/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penutupan BIM dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terhadap 15 penerbangan. Takutnya penerbangan yang dipaksakan ketika Gunung Marapi Erupsi bisa membuat mesin pesawat mati ketika terbang.

“Sebaran abu vulkanik dapat membahayakan dan menghentikan kerja mesin pesawat saat terbang. Keputusan penutupan ini diambil dengan pertimbangan utama terhadap keselamatan penerbangan,” ungkapannya.

“Dampak penutupan itu, 14 penerbangan dibatalkan dan 1 lagi harus kembali ke bandara asal. Kembali ke bandara asal itu tujuan Kuala Lumpur-Padang. Sementara penerbangan yang banyak batal itu tujuan Jakarta dan sebaliknya,” sambungnya.

Selain itu, langkah cepat menurutnya juga sudah dilakukan di BIM dan Bandara Asal. Salah satunya dengan pemberian kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket sebelumnya.

“Saat ini kami telah melakukan opsi full refund, reschedule, ataupun re-route ke bandara terdekat jika seat masih tersedia. Hal ini diharapkan dapat membantu penumpang yang terkena dampak penutupan bandara,” tutupnya.

Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar kembali mengalami erupsi pada Jumat siang sekitar pukul 12.19 WIB.

Dalam laporan PVMBG, kolom abu erupsi tersebut tidak teramati. Namun dalam rekaman seismogram memperlihatkan amplitudo maksimum erupsi itu mencapai 30 mm dengan durasi sementara ini ± 1 menit 25 detik. Sementara arah erupsi Gunung Marapi kali ini menuju daerah Padang Panjang dan Padang Pariaman. Dan lokasi Bandara Minangkabau berada di Padang Pariaman.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II BIM, Indrawansyah, membenarkan penutupan bandara. Katanya, saat ini abu erupsi Gunung Marapi sudah mencapai lokasi tersebut.

“Betul (ditutup sementara),” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (22/12/2023).

Artikel ini telah tayang di detikSumut

Simak Video “Perdana Mendaki ke Gunung Marapi Berakhir Petaka”[Gambas:Video 20detik](sym/sym)

 

Updated: Desember 23, 2023 — 12:15 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *