Jet Supersonik Concorde Kembali Dipulangkan ke Museum New York

REUTERS/Brendan McDermid – detikTravel

Jumat, 15 Mar 2024 18:30 WIB

Amerika Serikat – Setelah restorasi, jet British Airways Concorde diangkat kembali ke museum di New York. Jet ini memegang rekor penerbangan penumpang Transatlantik tercepat.

Sebuah jet supersonik British Airways Concorde diangkat dari tongkang di Sungai Hudson ke tempat peristirahatannya di Intrepid Museum di New York City, Amerika Serikat, Kamis (14/3/2024).  

Setelah berbulan-bulan restorasi, jet British Airways Concorde diangkat kembali ke tempatnya di Intrepid Sea, Air & Space Museum di New York City.  

Jet supersonik bersejarah ini dapat terbang lebih dari dua kali kecepatan suara dan memegang rekor penerbangan penumpang Transatlantik tercepat pada tahun 1996, hanya 2 jam, 59 menit dan 59 detik dari Bandara Heathrow London ke Bandara Internasional John F. Kennedy.  

Jet yang dinonaktifkan, yang berbobot 85 ton itu melakukan perjalanan menyusuri sungai dengan tongkang derek seberat 500 ton.  

Concorde telah berada di museum sejak tahun 2003. Concorde dipindahkan untuk pertama kalinya pada bulan Agustus lalu untuk renovasi besar-besaran. Kurator museum mengatakan jet tersebut menjalani perawatan yang cermat, termasuk menghilangkan lapisan cat dan pemeriksaan korosi.  

Pihak museum mengatakan Concorde akan dibuka kembali untuk dilihat pada 4 April.  

 

Updated: Maret 15, 2024 — 11:30 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *