Sehari Menjabat Dirjen Bimas Katolik, Suparman Salurkan Bantuan Warga Terdampak Banjir di Simangulampe

Dirjen Bimas Katolik bersama rombongan tinjau lokasi banjir bandang di Desa Simangulampe

Baktiraja (Kemenag) — Suparman dilantik oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Katolik pada 4 Desember 2023. Selang sehari, Suparman langsung berkunjung ke Sumatera Utara, tepatnya ke Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kunjungan kerja perdana Suparman ini sekaligus membawa misi program ‘Menteri Agama Menyapa’. Suparman memberikan bantuan untuk warga terdampak banjir bandang yang terjadi pada 1 Desember 2023 di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja.

“Kami dari Kementerian Agama, sekaligus keluarga umat Katolik, sangat berduka dan empati atas bencana ini. Harusnya kita ke lokasi terlebih dahulu,” kata Dirjen Bimas Katolik, Suparman, di hadapan warga terdampak banjir yang sementara ini berada di tempat pengungsian, Rabu (4/12/2023).

“Hari ini, kita bisa melihat apa yang kurang, dan harus ditambahkan dan dibutuhkan. Kementerian Agama hadir bersama masyarakat yang tertimpa bencana,” sambung Suparman.

Suparman menyampaikan bahwa Kementerian Agama dan lembaga Geraja harus akan terus berupaya hadir dalam membantu warga yang sedang mengalami masalah seperti ini. Selain itu, rasa berempati juga berdatangan dari Kementerian lain.

“Kita berempati atas bencana ini. Kita hadir untuk meringankan yang dialami umat Katolik, sekaligus berupaya untuk pemberdayaan ekonomi di tempat bencana,” kata Suparman.

Suparman berharap, dengan kehadiran Kementerian Agama hari ini di tempat bencana, hal itu bisa mengurangi kesedihan dari warga segera berlalu. Pihaknya juga ingin memastikan masyarakat Katolik nantinya bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan baik.

“Dari lokasi bencana ini, kita berdoa bersama, semoga persoalan bencana ini bisa terangkat bebannya. Kementerian Agama akan berkoordinasi dengan Kementeroan/Lembaga terkait untuk menindaklanjuti bantuan-bantuan selanjutnya. Ini bukti nyata bahwa Pemerintah hadir dalam bencana ini,” tegas Suparman.

Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung menyampaika terima kasih atas kehadiran Dirjen Bimas Katolik dan rombongan untuk meninjau secara langsung keadaan banjir bandang di Desa Simangulampe, Baktiraja, Sumatera Utara.

“Terima kasih Pak Dirjen dan rombongan. Kami penuh harapan, berfikir bersama untuk bisa segera bangkit. Saat ini, masih ada keluarga kita yang belum terlihat, harta benda sudah habis, kita berdoa bersama semoga Tuhan senantiasa bersama kita,” kata Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung.

Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung menyampaikan dirinya tidak bisa membayangkan kejadian ini. Proses kehidupan hilang dan lenyap sekejap mata.

“Kita semua jangan khawatir, banyak orang yang perduli kepada kita yang tertimpa musibah. Hari ini Kementerian Agama. Semakin kita bersedih, kita semakin tidak bisa berbuat apa-apa,” tegas Uskup Keuskupan Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung.

Tampak hadir, Tenaga Ahli Menteri Agama, Hasan Basri Sagala, Direktur Urusan Agama Katolik, Aloma Sarumaha, Direktur Pendidikan Katolik, Salman Habeahan, jajaran pejabat Ditjen Bimas Katolik, Pembimas Kanwil Kemenag Sumut, dan ASN Kankemenag Samosir, Kankemenag Humbang Hasundutan.

 

Updated: Desember 14, 2023 — 3:17 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *