Wanita Yang Viral di Tik Tok asal Nagekeo Diduga PMI Ilegal Bernama Andi Darmawaty

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Oris Goti

TRIBUNFLORES.COM, MBAY-Video Viral seorang wanita menangis minta kembali ke Indonesia lalu disikapi TRIBUNFLORES.COM yang menghubungi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadis Nakertrans) Kabupaten Nagekeo, Petrus Aurelius Assan Aurelius mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi mengenai video tersebut.

Wanita dalam video tersebut bernama Andi Darmawaty, warga Desa Maropokot, Kabupaten Nagekeo.

Aurelius lalu menjelaskan, posisi Pemerintah Daerah dalam hal ini melalui Nakertrans dalam persoalan PMI. Menurut Aurelius, untuk urusan PMI, kewenangannya bukan di pemerintah daerah.

“Kita sifatnya hanya koordinasi. Urusan itu ada di pemerintah pusat melalui BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia). Badan ini punya pelaksana teknis namanya BP3MI (Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) di NTT di Kupang,” ujarnya.

Baca juga: Viral! Wanita Berhijab Hitam asal Nagekeo Menangis Tersedu – sedu, Minta Bantuan Pulang ke Indonesia

Menurutnya, secara garis koordinasi ketika ada urusan PMI, itu merupakan urusan wajib pemerintah daerah tetapi non pelayanan dasar.

“Kemarin dulu ketika mendapat informasi ini kita langsung koordinasi. Pertama kita cek di data base website Kemenaker (SISKOPMI) nama – nama PMI asal Nagekeo. Nah nama anak ini, Andi Darmawaty, tidak ada di data base. Kalau tidak ada nama artinya dia PMI ilegal atau nonpredural,” jelas Aurelius.

Setelah mengetahui bahwa Andi Darmawaty tidak ada di data base Aurelius berkoordinasi dengan BP3MI. Aurelius menegaskan, pihaknya mengendapkan rasa kemanusiaan dalam persoalan ini, bukan soal benar dan salah dalam konteks status PMI apakah ilegal atau legal.

Halaman selanjutnya

Halaman

12

BERITATERKAIT

Baca Juga

Ikuti kami di

 

Updated: Maret 3, 2024 — 1:36 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *